Boneka Menong yang Berkualitas dari Berbagai Bahan

Sabtu, 02 Februari 2019

Boneka Menong yang Berkualitas dari Berbagai Bahan


Salah satu kerajinan khas Indonesia yang kemunculannya patut diperhitungkan bernama boneka Menong. Boneka ini merupakan kerajinan tangan khas kota Purwakarta. Menong juga jadi simbol kecantikan seorang wanita dengan bibir kecil, alis panjang, serta mahkota di atas kepalanya. Kalau Anda tertarik dengan boneka menong, kenali dulu bahan dasarnya. Jangan sampai Anda salah pilih, ya.

1. Kayu


Boneka menong kini telah banyak ditemui yang berbahan dasar dari kayu. Umumnya kayu mahoni. Sebab, kualitas tahan lamanya hampir setara dengan kayu jati. Tidak menutup kemungkinan pula bahan dasarnya bisa dari kayu jati. Kalau tidak ada yang berbahan kayu jati dan mahoni, bisa ambil yang bahannya kayu sonokeling, akasia, dan trembesi.

2. Tanah Liat


Tanah liat telah umum dijadikan bahan dasar kerajinan tangan Indonesia. Mulai dari kerajinan tangan yang simpel sampai rumit. Sifat mudah dibentuk menjadikan alasan utama kenapa para pengrajin memakainya. Soal keawetannya juga tidak perlu diragukan lagi. Tinggal poles bagian permukaan dengan pola yang unik. Jadilah boneka menong yang lucu.

3. Keramik


Boneka menong dari keramik juga menjadi buronan para pembeli. Pasalnya mereka tahu betul kalau kerajinan keramik bila disimpan dengan baik bisa awet selamanya. Cara membersihkannya juga mudah. Tinggal usap bagian permukaan. Tak perlu waktu lama akan kinclong. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal. Tapi itu bukan masalah, bukan ?

4. Batu


Nah, kalau menong ini sudah pasti yang paling mahal. Apalagi kalau Anda memesan bukan hanya sekelas boneka, tetapi patung menong. Semakin kecil ukurannya, semakin mahal. Untuk patung menong ukuran besar, harganya bisa dibanderol mulai dari 3 juta rupiah. Kalau yang ukuran mini mungkin bisa dinegosiasikan dengan sang pengrajin.

Sepintas boneka menong ini mirip dengan lego, ya ? Tapi kenyataannya, mulai dari bahan dasar hingga polesannya sama sekali berbeda. Boneka menong sangat cocok untuk dijadikan souvenir atau cinderamata saat Anda berkunjung ke kota Purwakarta. Pilihan menong pun bervariasi. Ada yang mengenakan pakaian adat daerah, ada yang pakaian modern, ada pula yang sesuai dengan pesanan Anda.

0 komentar :

Posting Komentar