Mengetahui Beragam Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Jumat, 24 Januari 2020

Mengetahui Beragam Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris


Saat ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, biasanya kamu harus mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris.Tes yangharus diikuti adalah TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Bahkan, beberapa perusahaan bertaraf internasional di Indonesia mewajibkan karyawannya untuk mengikuti tes ini. Beberapa tempat kursus bahasa Inggris pun menawarkan program tes bahasa Inggris dan kelas khusus. Salah satunya adalah English First (EF).
Dengan mengikuti tes tersebut, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu melalui EF. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, berikut ini adalah beragam jenis tes kemampuan bahasa Inggris di EF Adults yang bisa dipilih. Setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda-beda, pastikan kamu tidak salah memilih tes tersebut.

Bahasa Inggris

Jenis Tes Kemampuan Bahasa Inggris
  1. TOEFL
Test of English as Foreign Language atau TOEFL adalah tes kemampuan bahasa Inggris bagi penutur asing yang bahasa induknya bukanlah bahasa Inggris. Tes tersebut diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berbasis di Amerika Serikat (AS). TOEFL sendiri diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.
TOEFL memiliki tiga format, yaitu computer based test (CBT), internet based test (IBT), dan paper based test (PBT). Minimal nilai tes yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Untuk CBT, nilainya berkisar antara 200-500, PBT berkisar antara 500-600, dan IBT berkisar antara 90-120.
  1. IELTS
International English Language Testing System atau IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh IDP Educational Australia, British Council, dan Universitas Cambridge. Berbeda dengan TOEFL yang lebih condong ke bahasa Inggris dengan logat AS, IELTS dikhususkan untuk bahasa Inggris dengan logat British.
Meski begitu, sertifikat IELTS tetap diakui oleh perusahaan dan universitas di beberapa negara, seperti Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Skor IELTS memiliki nilai dari 0-9. Biasanya, institusi pendidikan dan perusahaan luar negeri menentukan skor minimal 5,5-7.
  1. TOEIC
Test of English for International Communication atau TOEIC umumnya ditujukan untuk keperluan pekerjaan. Tes ini mengukur kemampuan kamu dalam berinteraksi di lingkungan kerja dan komunikasi secara umum.
Skor yang ditentukan untuk TOEIC adalah 10-990. Bagi yang ingin bekerja di luar negeri, skor minimalnya adalah 450 atau lebih.
Tes kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan oleh semua orang, terutama bagi yang ingin bekerja di luar negeri. Sertifikat yang kamu dapatkan sangat berguna ketika melamar pekerjaan di berbagai perusahaan.

0 komentar :

Posting Komentar