Sering Terpapar Layar Smartphone, Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan Tips Berikut

Minggu, 05 April 2020

Sering Terpapar Layar Smartphone, Jaga Kesehatan Mata Anda Dengan Tips Berikut


Mata

Kehadiran teknologi telah banyak membantu pekerjaan manusia, salah satu jenisnya adalah smartphoneAlat ini tidak hanya berfungsi sebagai piranti komunikasi, namun juga membantu Anda menuntaskan banyak hal hanya dengan menggunakan ponsel pintar ini. Meski begitu, terlalu lama menatap layar smartphone, dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata. Tidak jarang ketika terlalu lama menggunakan smartphone, mata akan terasa lelahmengeluarkan air, bahkan hingga menjadi merah. Telah menjadi kesadaran bersama bahwa mata adalah organ tubuh yang sangat. Jika terjadi masalah pada mata, Anda tentu bisa menggunakan asuransi kesehatan keluarga terbaik. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda bisa meminimalkan risiko bahaya tersebut sebelum terjadi.

Berikut ini beberapa tips yang sangat membantu Anda untuk tetap menjaga matatetap dalam kondisi sehat. (sumber : alodokter.com)

1. Jangan Lama-Lama Melihat Layar Elektronik
Mata Anda bisa lelah jika terlalu lama menatap atau melihat layar elektronik, seperti layar smartphone, laptopmaupun komputer. Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk selalu berada di depan komputer, maka berikan waktu atau jeda sejenak untuk meregangkan tubuh dan mengalihkan mata Anda setiap 20 menit. Hal ini menjadi cara untuk memberikan waktu istirahat pada mata Anda agar tidak fokus secara terus menerus di depan layar elektronik.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi
Menjaga mata dalam kondisi yang sehat juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, terutama yang mengandung vitamin A, C, dan E, zinc, selenium, lutein, dan asam lemak omega-3yang kesemuanya sangat dibutuhkan oleh mata Anda. Hal ini penting terutama untuk melakukan pencegahan terhadap permasalahan mata yang berhubungan dengan usia.

3. Rajin Berolahraga
Olahraga tidak hanya menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Kesehatan mata Anda juga akan turut terjaga dengan rajin berolahraga. Melalui serangkaian penelitian, telah terbukti bahwa berolahraga sangat ampuh untuk mengurangi risiko kehilangan penglihatan yang diakibatkan oleh penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol yang tinggi. 

4. Rutin Periksa Ke Dokter Mata
Menerapkan jadwal rutin untuk cek kesehatan mata akan sangat baik untuk bisa mendeteksi sejak awal jika terdapat gangguan pada mata. Paling tidak, lakukan pengecekan setiap 2 tahun sekali secara rutin. Kebiasaan ini bisa diterapkan sejak usia dini atau sejak masa kanak-kanak, agar bisa meminimalkan kesulitan belajar anak yang diakibatkan gangguan penglihatan.

Sebagai organ vital yang terus mendukung aktivitas Anda sehari-hari, mata dan kesehatannya sebagai indra penglihatan adalah penting untuk terus dijaga. Hal ini dilakukan dengan menjaga pola makan, pola istirahat, dan juga pola olahraga Anda agar tetap teratur dan seimbang dalam kesehariannya. Dengan begitu, mata Anda tetap dalam kondisi yang sehat.

0 komentar :

Posting Komentar