6 Cara Jitu untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering

Sabtu, 09 Mei 2020

6 Cara Jitu untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering



Kulit kepala kering
Kulit Kepala Kering

Selain ketombe, masalah di bagian rambut dan kepala yang sering dialami oleh banyak orang adalah kondisi kulit kepala yang kering. Kulit kepala kering tersebut memicu rasa gatal, yang tentunya membuat orang yang mengalaminya jadi tak nyaman saat beraktivitas. Jika Anda kerap kali mengalami kondisi yang sama, 6 cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. 

  1. Lakukan Pijatan pada Kulit Kepala 
Luangkan sejenak waktu Anda, khususnya saat mandi untuk memijat bagian kulit kepala. Saat sedang menggunakan sampo, beri pijatan lembut pada bagian kulit kepala. Pijatan pada kulit kepala dapat menstimulasi produksi minyak alami pada bagian kulit kepala. Selain itu, pijatan ini juga akan meningkatkan aliran darah ke bagian kepala, sehingga folikel rambut lebih ternutrisi.
Pijatan rutin pada kulit kepala juga akan membasmi sel kulit mati di permukaannya, yang menjadi pemicu keringnya kulit kepala. Selain dengan menggunakan sampo, Anda juga bisa melakukan pijatan pada permukaan kulit kepala dengan menggunakan minyak khusus rambut, seperti minyak kelapa. Selain menyehatkan kulit kepala, cara ini juga membuat rambut makin sehat. 
  1. Ganti Sampo yang Digunakan 
Banyak orang tak sadar bahwa sampo yang digunakannya, sama sekali tak sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepalanya. Alhasil, kulit kepala pun jadi kering dan tentunya terasa gatal. Maka dari itu, baiknya Anda gunakan sampo yang cocok dengan kondisi kulit kepala Anda yang gampang kering. Pilihlah sampo khusus yang memang diperuntukkan untuk kondisi kulit kepala kering.
  1. Jangan Terlalu Sering Keramas
Tahukah Anda kalau keseringan keramas dapat menyebabkan kondisi kulit kepala yang kering makin parah? Oleh karena itu, jangan terlalu sering keramas, apalagi bagi Anda yang hampir tiap hari melakukannya. Bagi pemilik kulit kepala yang kering, frekuensi keramas yang disarankan hanyalah 2 hingga 3 kali seminggu. Lebih dari itu, bisa membuat kulit kepala tambah kering dan gatal. 
  1. Atur Pola Makan 
Makanan yang dikonsumsi juga berkontribusi pada kondisi keringnya kulit kepala. Maka dari itu, gantilah pola makan Anda dengan yang sesuai untuk kulit kepala yang kering. Makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3, vitamin A, dan zink sangat direkomendasikan bagi pemilik kulit kepala yang kering. Hindari makanan kaya gula karena bisa memicu keringnya kulit kepala. 
  1. Cukupi Asupan Cairan Tubuh Setiap Harinya 
Jika ingin kulit kepala Anda terhindar dari kondisi yang kering dan gatal, maka pastikan tubuh terhidrasi dengan baik setiap harinya. Tubuh yang mengalami dehidrasi, merupakan pemicu keringnya kondisi kulit, termasuk kulit kepala. Ditambah dengan eksposur cahaya matahari, yang membuat kondisi kulit kepala makin kering. Minumlah air setidaknya 8 gelas per hari agar tubuh terhidrasi. 
  1. Hindari Penggunaan Hair Dryer
Jika memungkinkan dan tak terlalu penting, sebisa mungkin hindari penggunaan hair dryer. Hawa panas yang dihasilkan hair dryer untuk mengeringkan rambut, merupakan salah satu pemicu kulit kepala menjadi kering. Biarkan saja rambut mengering secara normal. Kurangi sedikit demi sedikit frekuensi penggunaan hair dryer, agar bisa memiliki kulit kepala yang sehat. 

Itulah tadi 6 cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kulit kepala kering. Jangan lupa cari tahu dulu penyebab keringnya kulit kepala Anda, agar bisa memilih cara yang paling tepat untuk mengatasinya. Semakin cepat kulit kepala yang kering diobati, maka semakin cepat Anda terhindar dari ketidaknyamanan karena gatal dan perih di permukaan kulit kepala.

0 komentar :

Posting Komentar