Ini Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Keju Setiap Hari

Rabu, 08 Juli 2020

Ini Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsi Keju Setiap Hari


Keju slice meleleh
Berbagai macam olahan keju


Keju merupakan olahan fermentasi susu yang tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari keju cheddar, keju slice meleleh, hingga keju mozarella. Hanya saja, keju kerap mendapat stigma negatif seperti menimbulkan masalah kesehatan dan meningkatkan risiko obesitas. Namun demikian, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi keju ternyata mampu memberikan manfaat yang begitu besar untuk kesehatan. Salah satunya adalah keju cheddar, yang mengandung kalsium, protein, lemak, vitamin A dan vitamin B12. Selain itu, keju ini juga mengandung berbagai mineral seperti halnya fosfor dan seng. Yuk, cek berbagai manfaat lain dari keju ini !


Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi keju secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini bisa dilihat dari masyarakat Prancis yang memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit jantung. Pasalnya, masyarakat Prancis rutin mengonsumsi keju, terutama keju cheddar. Penelitian ini telah dipublikasikan pada British Journal of Nutrition, yang menyebutkan bahwa kandungan mineral seperti kalium, kalsium, serta magnesium, dan vitamin seperti B12 dan riboflavin dalam keju cheddar sangat berperan dalam penurunan risiko penyakit jantung.


Mencegah permasalahan diabetes mellitus tipe 2

American Journal of Clinical Nutrition menemukan fakta bahwa mengonsumsi keju dapat membantu menurunkan risiko diabetes sebesar 8%. Alasannya karena kandungan insulin dalam keju mampu mengatasi permasalahan diabetes. Hanya saja, patut diingat untuk mengonsumsi keju secukupnya dan tidak berlebihan, ya.


Menurunkan tekanan darah

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi 200 gram keju dapat membantu menurunkan tekanan darah? Ya, European Journal of Clinical Nutrition merilis sebuah hasil penelitian pada tahun 2016 berupa manfaat keju untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena kalsium dalam kandungan keju mampu mencegah penyerapan lemak pada bagian usus.


Itulah beberapa alasan mengapa mengonsumsi keju sangatlah disarankan oleh para peneliti. Pastikan untuk mengonsumsi keju secara rutin, namun tetap pada porsinya. Jangan mengonsumsi keju secara berlebihan, ya. Agar lebih nikmat, Anda dapat mengkreasikannya menjadi berbagai olahan lain yang lezat. Selamat mencoba !

0 komentar :

Posting Komentar