Berencana Membeli Asuransi Perjalanan ? Pelajari Dulu Hal-hal Ini !

Selasa, 13 Oktober 2020

Berencana Membeli Asuransi Perjalanan ? Pelajari Dulu Hal-hal Ini !


Asuransi perjalanan
Lengkapi perjalanan saat liburan dengan asuransi


Pernah bertanya-tanya mengenai manfaat apa saja yang akan diperoleh setelah beli asuransi perjalanan ? Dody Dalimunthe,Direktur Eksekutif AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia), menyatakan bahwa produk asuransi perjalanan menjamin nasabah yang sedang melakukan perjalanan dalam kurun waktu tertentu. Baik untuk berlibur, beribadah (seperti umrah atau haji), hingga sekolah di luar negeri. Jadi, manfaatnya akan didapat saat Anda berada di destinasi tujuan dan setiap perusahaan asuransi menawarkan jaminan yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda sebagai pembeli harus jeli dan meneliti dulu manfaatnya satu persatu sebelum membeli polis.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat hendak membeli asuransi perjalanan, di antaranya :


  • Cakupan tanggungan asuransi

Seperti jenis asuransi lain, asuransi perjalanan mempunyai cakupan tanggungan yang perlu diketahui. Jaminan yang diberikan umumnya diberikan pada risiko kecelakaan yang berdampak secara medis. Mengambil asuransi perjalanan saat bepergian ke tempat jauh, terutama ke luar negeri, akan sangat membantu Anda untuk meringankan biaya pengobatannya yang mahal dan mungkin tak bisa Anda bayar sendiri.

  • Beli asuransi sebelum memulai perjalanan

Membeli asuransi perjalanan jangan dilakukan menjelang jadwal keberangkatan. Pasalnya, beberapa asuransi perjalanan memiliki manfaat berupa penggantian kerugian akibat pembatalan penerbangan hingga masalah yang berhubungan dengan akomodasi. Lantas, kapan sebaiknya asuransi perjalanan dibeli ? Ambil produk tersebut saat Anda hendak memesan tiket atau jauh-jauh hari sebagai bentuk antisipasi.

  • Cermat dalam memilih perlindungan

Untuk mencegah ‘kejutan-kejutan’ tak terduga saat mengajukan klaim, cermati setiap klaim perlindungan dengan teliti. Jangan lupa sesuaikan produk dengan tujuan yang akan Anda kunjungi dan kegiatan yang dilakukan selama berada di sana. Hal ini disebabkan aktivitas berdampak terhadap jenis asuransi yang dibutuhkan. Jangan sampai asuransi perjalanan yang Anda beli ternyata tak memberikan perlindungan maksimal.

  • Perhitungkan besaran premi

Besaran premi selalu menjadi perhatian calon nasabah mana pun. Masing-masing perusahaan menetapkan nominal berbeda, jadi fokuskan dengan meriset penawaran yang mereka sediakan pada asuransi tersebut. Cocokan juga dengan anggaran yang Anda sediakan untuk membayar premi, apakah cenderung memberatkan atau masih dapat ditanggung ? Manfaatkan promo apabila Anda anggap layanannya berdampak positif.

  • Jelaskan kondisi kesehatan

Seperti yang disinggung, karena asuransi perjalanan berkaitan dengan medis, maka Anda harus menjelaskan kondisi kesehatan kepada perusahaan. Banyak calon nasabah yang menyembunyikan penyakit atau berbohong karena tak mau tanggungan yang nantinya diberikan berkurang. Faktanya, perusahaan akan menyulitkan pengajuan klaim saat menemukan kondisi kesehatan yang Anda berikan ternyata tak sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter.

Selain hal-hal di atas, Anda perlu memeriksa reputasi perusahaan asuransi. Pastikan mereka sudah terdaftar dan diakui resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Siapkan juga semua dokumen yang dibutuhkan, baik untuk melakukan registrasi hingga pengajuan klaim. Simpan dalam folder agar tidak berceceran, terpisah, atau hilang.


Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Anda dapat menemukan asuransi perjalanan yang sesuai sebelum bepergian ke tujuan yang ditentukan.

0 komentar :

Posting Komentar